Akuntansi Unsam Akuntansi Unsam adalah penulis pada website www.akuntansiunsam.com. Jika ingin mengirim tulisan silahkan kontak kami di info@akuntansiunsam.com

Jurusan Akuntansi – Info Kuliah dan Prospek Kerjanya

1 min read

Deskripsi Jurusan

Akuntanmania pasti sudah nggak asing dengan jurusan Akuntansi. Bidang studi ini mempelajari materi terkait metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan. 

Akuntansi memang dikenal sangat dekat dengan angka, namun seiring perkembangannya akuntansi juga sangat dipengaruhi oleh tingkah laku manusia. Oh iya, Lulusan Akuntansi ternyata dikenal sebagai idaman para pencari pasangan lho! Kegigihan lulusan akuntansi telah dikenal luas lantaran kalau hilang nol satu aja akan dicari sampai ketemu! Nah, kebayang gimana kegigihannya memperjuangkan pasangannya kan?

Pengetahuan dan Keahlian

  1. Kemampuan mengelola keuangan
  2. Kemampuan mengevaluasi anggaran
  3. Kemampuan menyajikan laporan keuangan
  4. Kemampuan menilai laporan keuangan
  5. Kemampuan menginterpretasikan angka
  6. Kemampuan menganalisis
  7. Kemampuan membuat rekomendasi
  8. Teliti dalam menghitung

Kenapa Harus Memilih Akuntansi

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Akuntansi.
  1. Setiap sektor membutuhkan staf di bidang Akuntansi, bisa dikatakan jika prospek kerja jurusan ini sangat bagus. Jadi, akan sangat mudah bagi lulusan Akuntansi untuk bekerja di sektor apapun.
  2. Jenjang karier yang ditawarkan bagi lulusan Akuntansi khususnya di bagian keuangan juga cukup menjanjikan lho.
  3. Jurusan Akuntansi sangat tepat bagi kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis.
  4. Jika kamu tidak ingin sekadar menjadi staf di suatu perusahaan, kamu bisa membuka lapangan pekerjaan dengan mendirikan kantor sendiri seperti Kantor Akuntan Publik.
  5. Kamu bahkan bisa meningkatkan keunggulan dalam dirimu dengan mengambil sertifikasi profesional di bidang Akuntansi.
  6. Kamu yang suka membantu orang lain, juga bisa membuka Kantor Konsultan Pajak. Lulusan Akuntansi juga bisa jadi pengacara lho , tetapi pengacara pajak ya!

Dunia Perkuliahan

Kuliah di jurusan Akuntansi, Akuntanmania akan ditempa untuk mempelajari banyak hal tentang laporan keuangan. Selama 4 tahun atau 8 semester, agar meraih gelar Sarjana Akuntansi atau Sarjana Ekonomi, kamu akan belajar segala hal tentang laporan keuangan. Mulai dari bagaimana membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar masing-masing perusahaan, melakukan analisis laporan keuangan, menilai kelayakan usaha lewat laporan keuangan, sampai menilai prospek kedepannya. Selain itu, Akuntanmania juga belajar audit, yang secara sederhana kamu akan mempelajari cara melihat apakah laporan keuangan dapat dikatakan layak atau tidak.
Beberapa mata kuliah yang akan Akuntanmania jumpai di jurusan Akuntansi, antara lain Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Biaya, Analisis Laporan Keuangan, Perpajakan, Pengauditan, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Pemerintahan, dll.
Peminat jurusan Akuntansi sangat banyak lho, Akuntanmania! Jurusan ini merupakan primadona bagi calon mahasiswa. Pada SBMPTN 2017, pemilih jurusan Akuntansi mencapai 3.563.
Jika kamu bercita-cita ingin menjadi Akuntan profesional, jangan lupa menempuh Pendidikan Profesi Akuntan setelah lulus S1. Kamu juga bisa mengambil program sertifikasi untuk meningkatkan kemampuanmu. Misalnya, dengan mengambil Certified Public Accountant (CPA) atau Certified Management Accountant (CMA). Kalau kamu ingin jadi auditor, bisa mengambil Certified Internal Auditor (CIA) atau bisa juga mengambil Certified Information System Auditor (CISA). Selain itu, kalau kamu ingin menempuh pendidikan lanjut. Banyak juga lho kampus yang menawarkan program pascasarjana. Kamu bisa pilih, mau mengambil peminatan apa dan di kampus bergengsi mana.
Akuntansi Unsam Akuntansi Unsam adalah penulis pada website www.akuntansiunsam.com. Jika ingin mengirim tulisan silahkan kontak kami di info@akuntansiunsam.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *