Inilah Cara Belajar Akuntansi Agar Mudah dan Menyenangkan

Bagi sebagian orang, memahami akuntansi adalah hal yang membosankan. Sangat lazim terjadi, karena sebagian dari kita tidak suka dengan hitungan yang rumit. Namun lain halnya bagi seorang akuntan, hal ini sudah menjadi makanan sehari-hari bahkan sangat gemar untuk memecahkan hal yang rumit sekalipun. 
Mulai dari UMKM, bisnis tingkat menengah bahkan sampai perusahaan besar sekalipun, ilmu akuntansi sangat diperlukan untuk membantu menjalankan bisnisnya khususnya dalam membuat laporan keuangan yang rapih.
Pada era digital ini, hadirnya inovasi di bidang akuntansi memicu para pebisnis untuk lebih menggunakan teknologi. Berikut kita akan medalami materi Inilah Cara Belajar Akuntansi Agar Mudah dan Menyenangkan.
Oleh karena itu bagi Anda yang ingin berkarir di bidang akuntansi adalah kesempatan yang baik untuk Anda. Meskipun persaingannya ketat, tidak perlu khawatir karna Anda harus memiliki nilai tambah yang berbeda dengan orang lain untuk dapat memenangkan persaingan. Selain itu perusahaan pastinya akan mencari orang-orang pilihan untuk calon kandidat karyawan mereka.
Karyawan yang dicari bukan hanya mereka yang mempunyai skill akuntansi yang baik, namun mereka juga harus dapat peka terhadap perubahan yang serba dinamis. Mulai dari konsep-konsep umum, peraturan yang ada dan perkembangan teknologi.
Namun itu semua hal itu tidak perlu ditakutkan karena jaman sekarang sudah serba canggih. Anda dapat belajar dari internet dan ikut kursus berbayar untuk menguasai akuntansi. Berikut ini kami akan berikan tips bagaimana cara belajar akuntansi dengan mudah dan menyenangkan.

1. Mengerti Tentang Konsep Dasar Akuntansi

Cara belajar akuntansi yang pertama adalah memahami definisi akuntansi serta dasar-dasarnya. Menurut para ahli ada beberapa definisi tentang akuntansi, yang jika ditarik kesimpulan intinya sama. 
Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, mengolah dan menyajikan data serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan. 
Sehingga dapat di gunakan orang yang berkepentingan seperti stakeholder atau yang berhubungan dengan pengambilan keputusan serta tujuan lainnya. Sebenarnya konsep dasar akuntansi itu sederhana. 
Ada debit di sisi kiri dan kredit di sisi kanan. Saldo antara debit dan kredit haruslah balance atau seimbang. Tetapi, yang perlu diingat adalah saldo yang seimbang belum tentu benar tetapi saldo yang benar pasti seimbang. Selanjutnya, rumus persamaan akuntansi:
HARTA (Asset) = UTANG (Liability) + MODAL (Equity)

HARTA + BEBAN = UTANG + MODAL + PENDAPATAN

Setelah anda memahami dasar dasar akuntansi, Anda kemudian harus mengerti proses akuntansi itu sendiri mulai dari membuat jurnal, posting ke buku besar, membuat neraca saldo sebelum penyesuaian, membuat laporan keuangan, membuat jurnal penutup dan jurnal pembalik.

2. Temukan Mentor dan Berlatih Secara Rutin

Untuk menjadi akuntan yang handal selain harus menguasai dasar-dasar Anda juga harus berlatih secara rutin. Berlatih secara rutin dapat membuat kemampuan Anda terasah serta Anda dapat memahami kekurangan yang Anda punya dalam akuntansi. Dengan cara-cara dibawah ini Anda akan bisa melatih skill Anda dengan baik.
Yang pertama adalah jika Anda seorang mahasiswa Anda bisa magang di kantor. Dengan magang Anda dapat menemukan mentor yang akan membimbing Anda untuk melatih kemampuan Anda. 
Kemudian pengalaman dalam dunia kerja yang sebelumnya tidak dapatkan, bisa menjadi bekal Anda jika Anda suatu saat sudah lulus.
Yang kedua adalah Anda bisa menjadi freelancer dimana pekerjaan freelance ini juga dapat menjanjikan penghasilan yang besar serta melatih kemampuan Anda dalam mengelola waktu. Selain itu Anda akan mendapatkan relasi yang bisa membantu Anda bertukar pikiran dalam dunia akunting.

3. Gunakan Alat Bantu

Zaman berubah, perkembangan teknologi pun sangat cepat, dahulu jika kita ingin menuju ke suatu tempat, pasti kita bertanya kepada orang yang sudah pernah ke tempat itu. Sekarang dengan kemudahan teknologi cukup menggunakan Maps Anda dapat pergi kemanapun Anda inginkan tanpa perlu mengingat jalan mana yang harus dilewati.
Begitu pula di dunia akuntansi semula kita melakukan pembukuan secara manual dan repot. Sekarang dengan kecanggihan teknologi Anda dapat melacak persediaan anda secara realtime, menghitung pemasukan atau pengeluaran serta dapat langsung terintegrasi kepada perbankan yang tentunya sangat memudahkan Anda dalam pengerjaan pembukuan.
Tidak ada yang instan, semua butuh proses untuk menjadi seseorang yang ahli. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan semakin bersemangat dalam belajar akuntansi dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *